Tuesday, January 18, 2011

LAMPU SEHAT, NYETIR MALAM JADI NYAMAN

Saat ini berbagai aksesoris dipasang pada mobil untuk meningkatkan daya tarik dari mobil itu sendiri sehingga dapat meningkatkan daya jual. Adapun beberapa aksesori yang bukan hanya dipasang untuk meningkatkan daya tarik, namun untuk menjamin keselamatan dalam mengemudi, salah satu aksesori yang dimaksud adalah lampu.
Pada umumnya lampu yang dipakai untuk menjamin keselamatan dalam mengemudi ( terutama mengemudi pada malam hari ) adalah lampu pijar. Banyak beragam lampu pijar yang dijual dipasaran , baik dalam bentuk yang menarik, sampai kualitas cahaya, hemat energi, dan daya tahan. Salah satu lampu yang memiliki daya yang besar, dan tahan lama adalah lampu halogen. Lampu halogen memang diakui memiliki daya tahan yang lama, intensitas cahaya yang besar bila dibandingkan dengan lampu pijar.


Secara konstruksi lampu halogen hampir sama dengan lampu pijar biasa, namun cara kerjanya berbeda karena memiliki isi yang berbeda. Lampu halogen berisi tungsten (filamen) dan gas halogen. Secara teoritis gas halogen akan memperpanjang umur filamen (tungsten), karena tungsten yang menguap pada saat lampu bekerja akan dikembalikan ke filamen oleh gas halogen, oleh karena itu filamen akan susah menipis sehingga umur filamen menjadi lebih panjang. Hal-hal yang menyebabkan umur lampu halogen menjadi pendek :
1. Kaca lampu halogen tersentuh oleh tangan, misalnya: jejak jari yang menempel pada kaca lampu halogen akan memperpendek umur lampu halogen.
2. Temperatur disekitar lampu rendah ( misalnya : adanya uap air atau air yang masuk ke rumah lampu halogen sehingga suhunya menjadi lebih dingin dari standar suhu kerja lampu halogen )
3. Supply tegangan dari alternator maupun batere ke lampu halogen terlalu rendah atau tidak stabil ( ukuran normal 12 – 14 V )


Beberapa tips untuk menjaga umur pakai lampu halogen tetap panjang:
1. Bila ingin melakukan pemasangan lampu halogen, kaca lampu halogen tidak boleh tersentuh.
2. Ganti atau perbaiki rumah lampu ( boks lampu ) jika ada kebocoran, karena uap air, debu yang menempel disekitar lampu akan mempengaruhi kinerja lampu halogen.
3. Kencangkan pengikat rumah lampu ( boks lampu ) pada pegangannya, sehingga tidak bergoyang atau bergetar karena getaran mesin, bila perlu diberi peredam seperti karet.
4. Periksa indikator batere, jika indikator menunjukkan batere kurang bagus, segera cas batere dan periksa kinerja alternator ( lampu indikator bergambar batere pada panel instrumen, jika kinerja alternator kurang bagus maka lampu indikator akan menyala pada saat mobil hidup/beroperasi), karena kerusakan pada batere maupun alternator akan mengurangi umur lampu halogen.
5. Apabila ada kesulitan lebih lanjut, hubungi mekanik mobil anda.

No comments:

Post a Comment