Tuesday, January 18, 2011

OLI SEHAT! MESIN SEHAT

Dalam perawatan mesin mobil tidak jauh dari penggunaan pelumas untuk melumasi mesin yang biasa kita sebut dengan oli mesin. Oli yang sudah kadaluarsa atau melebihi masa pakainya akan berakibat buruk pada kesehatan mobil, oleh karena itu disarankan untuk mengganti oli secara berkala. Untuk mobil yang jarang digunakan, penggantian oli juga harus dilakukan demi kesehatan mobil anda.

Oli yang digunakan dalam operasi mesin akan berkurang daya pelumasannya apabila digunakan melebihi batas umurnya ( biasanya sekitar 5000 km). Untuk mobil yang jarang digunakan penggantian oli biasanya dilakukan sekitar 8 bulan sekali, karena oli yang jarang digunakan dalam operasi mobil akan berkurang daya pelumasannya seiring dengan pertambahan umurnya.


Dalam penggantian oli harus diperhatikan SAE dan API servicenya. Pemakaian oli dengan SAE dan API service yang tepat akan menjamin umur pakai dari mesin mobil.

Beberapa tips dalam mengecek umur pakai oli dan penggantian oli :
1. Perhatikan kartu kilometer penggantian oli mobil anda dan bandingkan angka kilometer yang ada di kartu dengan angka kilometer yang ada di oddometer mobil anda, jika sudah melewati batas yang telah ditentukan, segera kunjungi bengkel anda untuk melakukan penggantian oli. ( lihat buku pedoman perawatan mobil anda, biasanya sekitar 4000km – 5000km )


2. Pada saat penggantian oli, pastikan SAE dan API service yang digunakan sesuai dengan spesifikasi oli untuk mobil anda ( Bensin dan Diesel ) ( lihat buku pedoman perawatan mobil anda )





3.Untuk saringan oli, sebaiknya diganti setiap dua kali penggantian oli.





4.Apabila ada masalah lebih lanjut, hubungi dan kunjungi bengkel anda.

No comments:

Post a Comment