Tuesday, January 18, 2011

Supercharger dan Turbocharger

Automotive mania, mungkin pernah dengar istilah turbo charger dan super charger.Kedua sistem ini berfungsi untuk menambah tenaga mesin. Meski memiliki tujuan yang sama, namun dua sistem ini memiliki prinsip kerja yang berbeda. Perbedaan mendasar itu hanya terletak pada pengaturan dalam keluaran tenaga yang dihasilkan.
Turbo charger atau super charger adalah sistem yang memaksa udara masuk ke dalam mesin. Turbo charger memanfaatkan tenaga gas buang dari mesin sebagai tenaga input, sedangkan super charger digerakan oleh mesin. Supercharger lebih responsif, terutama pada saat baru di starter, hanya saja sistem ini terbilang berat dan banyak menyita ruang untuk komponen-komponen yang terhubung pada mesin.

Sedangkan turbocharger memiliki bobot ringan, alatnya pun kecil sehingga tidak memakan banyak tempat. Kekurangan dari sistem ini adalah kurang responsif, karena pada saat mesin distarter, tekanan gas buang dari mesin masih rendah, sehingga putaran rotor dari turbocharger pun lemah, dan udara yang dimanpatkan menjadi kurang padat. Mengikuti perkembangan mesin, pada saat ini baik turbocharger atau supercharger sudah dilengkapi dengan intercooler.

No comments:

Post a Comment